Selasa, 06 Desember 2011

TERAPI KONSERVATIF JANGKA PANJANG PADA PASIEN-PASIEN KANKER ENDOMETRIUM

TERAPI KONSERVATIF JANGKA PANJANG PADA PASIEN-PASIEN KANKER ENDOMETRIUM
Lebih dari 1 kehamilan dapat tercapai.

Tammar Perri, Jacob Korach, Walter H Gotlieb, Mario Beiner, Dror Meirow, Eddie Friedman, Alex Ferenczy dan Gilad Ben-Baruch.

Latar Belakang: mempertahankan fungsi reproduksi pada pasien-pasien usia muda dengan kanker stadium dini merupakan konsep yang telah diterima saat ini. Keamanan dan kemudahan dalam terapi konservatif jangka panjang sehingga memberikan luaran lebih dari satu kehamilan tetap dipertegas.
Metode: penelitian ini merupakan suatu penelitian yang bersifat retrospektif dan data diambil dari rekam medis 27 wanita penderita adenokarsinoma endometrioid yang diterapi secara konservatif pada 2 layanan kesehatan tersier. Terapi terdiri dari progestin oral dosis tinggi dengan atau tanpa pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim yang mengandung levonorgestrel. Biopsi endometrium diulang setiap 2 hingga 3 bulan.
Hasil: lebih dari 7,8 hingga 412 bulan (median: 57,4 bulan), tumor mengalami regresi secara sempurna pada 24 (89%) dari 27 pasien dan regresi secara parsial pada 2 pasien dengan 79% mengalami respon dalam jangka waktu 1 hingga 17 bulan. Dari pasien yang berespon sempurna, 15 (62%) dari 24 pasien mengalami rekurensi, di mana 4 pasien menjalani histerektomi dan 11 pasien menjalani terapi progetasional subsequent. Sebelas pasien berespon dan 3 pasien secara bertahap mencapai respon sempurna. Setelah 2 hingga 4 tahun, 5 pasien mengalami kekambuhan kembali, di mana 3 pasien menjalani histerektomi. Dari keseluruhan terdapat 2 pasien yang berkembang menjadi adenokarsinoma ovarii. Semua pasien hingga sekarang bebas sakit. Konsepsi terjadi pada 14 (51,8%) dari 27 pasien, dalam 5 lebih dari pada sekali. Mereka mengalami persalinan dengan 17 kelahiran hidup, dan 2 pasien sedang mengandung.
Kesimpulan: sesuai dengan data kami, terapi progestasional terapi untuk adenokarsinoma endometrium stadium dini, memberikan luaran pasien mengalami respon terapi, mudah dan nampaknya tidak merubah luaran klinis. Pasien sebaiknya diberikan nasehat akan tingginya tingkat kekambuhan dan kemungkinan munculnya keganasan ovarium.

Kata kunci: Karsinoma endometrium, progestin, terapi konservatif, pemeliharaan kesuburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar