Jumat, 19 Juli 2013

JADWAL ASUHAN PRANATAL (ANTE NATAL CARE)

Belum cukup bukti klinis untuk merekomendasikan jadwal pranatal yang ideal untuk seluruh ibu hamil. Namun harus diketahui bahwa untuk mengoptimalkan luaran kehamilan adalah persiapan jauh sebelum kehamilan itu terjadi.

Jadwal asuhan pranatal berbeda-beda di setiap daerah/negara. Rata-rata kunjungan 7-12 kali dalam satu kehamilan. Namun telah disepakati bahwa pada ibu hamil yang pernah melahirkan beberapa anak dan tanpa komplikasi kehamilan maka jumlah kunjungan dapat lebih sedikit daripada ibu hamil yang belum pernah melahirkan tanpa komplikasi. Berapa kali jumlah kunjungan bersifat individual tergantung dari faktor risiko yang dikenali sejak kunjungan pertama atau pada kunjungan berikutnya.

Jumlah kunjungan antenatal yang rendah tidak berhubungan dengan luaran maternal dan perinatal yang buruk. Pada daerah dengan keterbatasan sarana sehingga kunjungan pranatal rendah maka penurunan jumlah kunjungan pranatal kurang dari 5 akan meningkatkan risiko kematian perinatal. Untuk daerah dengan sarana yang baik, rendahnya kunjungan pranatal (ANC < 8 kali) berhubungan dengan ketidakpuasan/ketidaknyamanan ibu hamil. Jadwal kunjungan pranatal ditentukan oleh tujuan dari kunjungan tersebut. Kunjungan minimal yang harus dilakukan adalah sebanyak 4 kali, bahkan untuk daerah terpencil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar