Rabu, 24 Juli 2013

KEGUGURAN (ABORTUS SPONTAN): APA PENYEBABNYA?

Istilah keguguran umumnya digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian kegagalan kelangsungan suatu kehamilan sehingga berakibat pada kematian janin serta pengeluaran janin atau embrio.

Umumnya definisi yang disepakati saat ini adalah definisi yang berasal dari WHO yang menyatakan berat janin atau embrio tersebut paling tidak mencapai 500 gram atau kurang dari usia kehamilan 20 minggu.

Kejadian keguguran spontan berdasarkan data yang dikumpulkan di rumah sakit pada umumnya berkisar antara 15 - 20%. Namun angka kejadian keguguran sebenarnya diperkirakan dapat lebih tinggi lagi di masyarakat. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kewajiban untuk melaporkan setiap kejadian keguguran pada pihak yang berwenang. Kejadian keguguran mayoritas terjadi pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu. 

Apabila angka kejadian keguguran spontan berkisar antara 15 - 20%, maka berdasarkan perhitungan probabilitas angka kejadian keguguran berulang diperkiraan akan dialami oleh sekitar 0,3 - 0,4% pasangan. Namun faktanya angka kejadian keguguran berulang ternyata ditemukan lebih tinggi, yaitu antara 1 - 2%.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar